Konsep Dasar Teori Belajar dan Pembelajaran


KONSEP DASAR TEORI BELAJAR dan PEMBELAJARAN 




1. Pengertian Teori Belajar dan Pembelajaran
  • Teori adalah serangkaian bagian atau variabel, devinisi dan dalil yang saling berhubungan yang menghadirkan sebuah pandangan sistematis mengenai fenomena dengan menentukan hubungan antarvariabel, dengan maksud menjelaskan fenomena alamiah.
  • Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Belajar merupakan proses intraksi antar individu dalam rangka menambah ilmu dan pengetahuan.
  • Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar yang meliputi guru dan siswa yang saling bertukar imformasi. Pembelajaran merupakan proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik.
  • Teori belajar adalah teori yang didalamnya terdapat tata cara pengaplikasian belajar mengajar antara guru dan siswa, perancangan metode pembelajaran yang akan dilaksanakan di kelas maupun diluar kelas.
  • Teori pembelajaran adalah teori yang menawarkan paduan eksplisit bagaimana membantu orang belajar dan berkembang lebih baik.

2. Tujuan Belajar dan Pembelajaran

 a. Tujuan belajar adalah sebagai berikut :
  • Mendapatkan pengetahuan.
  • Penanaman konsep dan keterampilan.
  • Pembentukan sikap.
 b. Tujuan pembelajaran adalah sebagai berikut :
  • Tercapainya perubaahan perilaku atau kompetensi pada siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran.
  • Tujuan dirumuskan dalam bentuk pernyataan atau deskripsi yang spesipik.

3. Ciri Belajar dan Pembelajaran

 a. Ciri belajar adalah sebagai berikut :
  • Belajar ditandai dengan adanya perubahan tingkah laku ( change behavior ).
  • Perubahan prilaku relatif permanen.
  • Perubahan tingkah laku tidak harus segera dapat diamati pada saat proses belajar sedang berlangsung, perubahan perilaku tersebut bersifak potensial.
  • Perubahan tingkah laku merupakan hasil latihan atau pengalaman.
  • Latihan atau pengalaman itu dapat menghasilkan penguatan. 
 b. Ciri Pembelajaran adalah sebagai berikut :
  • Memiliki tujuan untuk membentuk peserta didik dalam suatu perkembangan tertentu.
  • Terdapat mekanisme, prosedur, langkah langkah, metode dan teknik yang dirancang dan didesain untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
  • Fokus materi ajar, terarah dan terencana dengan baik.
  • Adanya aktivitas peserta didik merupakan syarat mutlak baigi berlangsungnya kegiatan pembelajaran.
  • Aktor pendidik yang cermat dan tepat.
  • Terdapat pola aturan yang ditaati pendidik dan peserta didik dalam proporsi masing masing.
  • Limit waktu untuk mencapai tujuan pembelajaran.
  • Evaluasi, baik proses maupun hasil.

4. Pebedaan Teori Deskriptif dan Prespektif
  • Teori deskriptif merupakan teori yang membahas mengenai hubungan antara kegiatan siswa dan proses psikologi dalam diri siswa. Teori deskriptif adalah teori belajar.
  • Teori prespektif mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dan proses psikologi diri siswa dengan memasukkan variabel metode pembelajaran. Teori prespektif adalah teori pembelajaran.
  • Teori deskriptif bertujuan menjelaskan proses belajar. Sedangkan teori prespektif bertujuan menetapkan metode pembelajaran yang optimal.
  • Teori deskriptif dimaksud untuk memberikan hasil. Sedangkan teori prespektif berperan untuk mencapai tujuan.
  • Teori deskriptif adalah goal free ( untuk memberikan hasil ) sedangkan teori prespektif adalah goal oriented ( untuk mencapai tujuan ).


Nama : Haerunnisa Uladah
Nim    : 1902060063
Prodi  : Pendidikan Guru SD
Smstr :2 ( dua )
MK      : Teori Belajar dan Pembelajaran
Dosen : Trisna Kusuma Whardani M, Pd

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Orientasi Pengembangan Pelaksanaan Supervisi ( PGSD UNU NTB )

Membangun Sinergi, Menuju Kejayaan PMII Komisariat UNU NTB