Soal Latiha dan Jawaban Tentang Reformasi Pendidikan Nasional
SOAL LATIHAN DAN JAWABAN
REFORMASI PENDIDIKAN NASIONAL
Soal
1. Apa yang dimaksud dengan reformasi pendidikan nasional ?.
2. Jelaskan tendensi reformasi pendidikan nasional !.
3. Kemukakan asumsi asumsi dasar yang mendasari reformasi pendidikan !.
4. Kemukakan dan jelaskan teori dan kosepsi dasar reformasi pendidikan !.
5. Jelaskan kondisi sistem pendidikan nasional di indonesia saat ini !.
6. Jelaskan implikasi problem reformasi pendidikan nasional di indonesia saat ini !.
7. Solusi alternatif apa saja yang bisa dilakukan dalam memecahkan masalah reformasi pendidikan ?.
Jawaban
1. Secara Etimologi, Reformasi berasal dari kata" formasi " yang berarti susunan atau bentuk susunan instansi. Pendidikan yaitu pengetahuan tentang mendidik. Nasional yaitu bekenaan dengan bangsa sendiri. Reformasi berarti perubahan radikal untuk perbaikan dalam bidang sosial, politik atau agama dalam suatu masyarakat atau Negara. Pendidikan Nasional adalah pendidikan yang berdasarkan pada Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945 . Reformasi pendidikan adalah upaya perbaikan pada bidang pendidikan.
2. Beberapa tendensi ( kecendrungan ) arah reformasi pendidikan nasional dilihat dari aspek perubahannya terhadap sistem pendidikan Indonesia, yaitu ;
a. Adanya reformasi dibidang kurikulum dan program program belajar di instusi pendidikan.
b. Perubahan berfokus pada perubahan kurikulum secara terus menerus yang mengarah pada inovasi dan distribusi SDM dan SDA yang merata.
c. Materi ajar dan metode pembelajaran senantiasa mengadopsi teori belajar dan pembelajaran dari luar yang terbuka dan terbukti efektif.
d. Reformasi menghasilkan berbagai kebijakan kebijakan baru yang harus diikuyi oleh kesiapan SDA dan SDM.
e. Berfokus pada pembangunan pendidikan yang komprehensip, termasuk penyediaan sarana dan prasarana istitusi pendidikan, alokasi bantuan dana pendidikan, hingga pemberian tunjangan kesejahteraan pada guru.
3. Asumsi pelaksanaan reformasi pendidikan nasional antara lain ;
a. Pendidikan adalah sesuatu yang menetap
Walaupun arus globalisasi dan teknologi semakin cepat, namun moral yang diperoleh dari proses pendidikan tidak boleh hilang.
b. Pendidikan adalah sesuatu yang berubah.
Kehidupan global dalam dunia terbuka dengan perdagangan bebas serta kerjasama regional memerlukan manusia yang berkualitas. Kualitas yanh baik dan terus menerus meningkat hanya dapat diciptakan oleh manusia yang mempunyai kemampuan berkompetensi dengan jalan memberikan pendidikan yang kondusif bagi lahirnya pribadi yang kompetitif bukan pribadi yang egoistik.
c. Pendidikan adalah sesuatu yang menetap dan sesuatu yang berubah.
Kehidupan global melahirkan budaya global, menjadi tugasnya pendidikan nasional untuk mengembangkan identitas peserta didik supaya bangga menjadi bangsa Indonesia yang percaya diri memasuki kehidupan global sebagai seseorang yang berbudaya. Pendidikan tidak bertujuan hanya untuk menghasilkan manusia yang pintar dan terdidik, tetapi yang penting adalah terdidik dan berbudaya. H
5. Saat ini fokus kerja pemerintah masih bertumpa pada sektor pendidikan formal. Sistem pendidikan nasional belum berhasil mengantarkan anak bangsa untuk survive mandiri dan terampil berwirausaha untuk kelangsungan hidupunya.
Pada era pemerintaham Habibie masih menghunakan kurikulum 1994 yang disempurnakan sampai pemerintahan Gusdur.
Pada masa pemerintahan Megawati terjadi perubahan tatanan bidang pendidikan, antara lain ;
a. Diubahnya kurikulum 1994 menjadi kurikulum 2000 yang akhirnya disempurnakan menjadi Kurikulum Berbasis Kompetensi ( KBK ).
b. Pada tanggal 8 Juli 2003 disahkannya Undang Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang memberikan dasar hukum untuk membangun pendidikan nasional dengan menerapkan prinsip demokrasi, desentralisasi, otonomi, keadilan dan menjunjung Hak Asasi Manusia.
Setelah Megawati turun dari jabatannya kemudian digantikan oleh Susilo Bambang Yudhoyono UU No. 20/2003 masih berlaku, namun pada masa SBY juga ditetapkan UU RI No.14/2005 tentang Guru dan Dosen. Penetapan Undang Undang tersebut disusul pergantian kurikulum KBK menjadi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ).
6. Dampak atau implikasi permasalahan yang muncul sebagai akibat dari adanya reformasi pendidikan nasional antara lain;
a. Pendidikan lebih berorientasi pada pembentukan aspek kognitif dan mengabaikan perkebang aspek keperibadian siswa.
b. Perubahan kurikulum yang menyebabkan ketidak jelasan tujuan pendidikan serta kekaburan landasan pendidikan yang ingin dicapai.
c. Ditemukannya ketidak sesuaaian kurikulum dengan kebutuhan zaman dan masyarakat.
d. Terjadinya kesenjangan pendidikan antara di kota dengan di daerah.
7. Diperoleh pemerataan yang efektif untuk memecah berbagai masalah reformasi pendidikan nasional, antara lain :
a. Pajak pendidikan merupakan salah satu sumber biaya pendidikan yang perlu dikelola dengan baik.
b. Perlu suatu deferesiensi pengelolaan pendidikan sebelum menuju desentralisasi sistem pendidikan.
c. Meningkatkan penggunaan jasa bagi pemerataan dan kesempatan memperoleh pendidikan.
d. Diperlukan in service training yang efektif untuk meningkatkan kopetensi tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan.
Komentar
Posting Komentar